SEJARAH FUJI XEROX


Fuji Xerox Co., Ltd. (Kanji: 富士ゼロックス株式会社, Fuji Zerokkusu Kabushiki-gaisha?) adalah perusahaan patungan antara perusahaan fotografi dari Jepang Fuji Photo Film Co. (75 persen saham) dan perusahaan manajemen dokumen dari Xerox Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan untuk mengembangkan, memproduksi, dan menjual xerographi dan produk-jasa terkait dokumen di wilayah Asia Pasifik.

Sejarah

Fuji Xerox didirikan pada tahun [1962] dengan komposisi kepemilikan 50 persen saham dimiliki Fuji Film dan 50 persen saham dimiliki oleh Rank Xerox. Rank Xerox kemudian digabung ke dalam Xerox Corporation pada 1997

Pada awalnya hanya menjadi distributor dari produk-produk Rank Xerox, Fuji Xerox kemudian memulai meneliti dan mengembangkan mesin xerographi sendiri dan peralatan lainnya.Dimulai dengan mesin fotokopi 2200 pada 1973. Saat ini perusahaan bertanggungjawab atas inovasi dan produksi berbagi peralatan cetak warna yang dijual oleh Xerox Corporation.Salah satu inovasi adalah mesin fotokopi/pencetak multifungsi pertama di dunia, Xerox Printer 100, yang diluncurkan pada 1987.

Pada 1991, Fuji Xerox memperkenalkan tag line “The Document Company” yang menjadi bagian logonya pada 1995. Fitur ini kemudian menjadi logo sekarang meskipun Xerox Corporation menghentikan pemakaianya pada 2004.

Xerox Corporation memindahkan operasi wilayah China/Hongkong ke Fuji Xerox pada tahun 2000 dan Fuji Photo Film Co. meningkatkan kepemilikan sahamnya menjadi 75 persen pada 2001.Pada 2004, perusahaan memperkerjakan 36,000 karyawan